Perumahan syariah atau perumahan Islami adalah bentuk konsep perumahan baru yang hadir di dunia properti Indonesia saat ini. Mulai dari perumahan murah hingga perumahan mewah, mulai dari tipe minimalis hingga tipe gedongan dibawa oleh para pengembang perumahan Islami Indonesia bersama para tim agency pendukungnya.

Komplek Perumahan Islami di Bandung

Komplek Perumahan Islami di Bandung

Dalam daftar yang kami himpun, terbilang lebih dari 100 perumahan Islami atau syariah yang sudah ada di Indonesia. Tercatat di beberapa kota di Jawa Barat sendiri sudah terbangun konsep perumahan yang mengusung konsep syariah tersebut, di antaranya di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Purwakarta, Cikampek, Sukabumi, Garut, hingga Ciamis.

 

Kota Bandung sebagai salah satu kota besar dengan mayoritas warganya beragama Islam, tak lepas dari keberadaan perumahan konsep syariah tersebut. Boleh dikatakan nuansa religi yang melekat dalam budaya orang Bandung, juga turut mendorong hadirnya komplek perumahan Islami di Bandung. Ciri kental yang melekat pada perumahan Islami adalah mekanisme pembayarannya yang mengandung prinsip tanpa riba, tanpa denda, tanpa sita dan tanpa akad ganda.

Prinsip ini diterapkan dalam dua pilihan cara pembayaran, yaitu 1) dengan membayar langsung kepada pihak pengembang dan 2) dengan sistem KPR syariah.

 

Perlu diketahui, ada perbedaan sangat tegas dalam penerapan antara KPR syariah dengan KPR konvensional. Pada KPR syariah, yang ditransaksikan adalah barang (dalam hal ini adalah unit rumah) dengan prinsip jual beli (murabahah). Sedangkan pada KPR konvensional, yang ditransaksikan adalah uang. Jika dirangkum secara umum, kelebihan yang dimiliki oleh KPR syariah adalah sebagai berikut:

  1. Cicilan bersifat tetap, tidak tergantung pada suku bunga Bank Indonesia.
  2. Saat ingin melunasi pembayaran lebih cepat di awal, konsumen tidak akan dikenai penalti atau denda.
  3. Tidak ada sistem sita ketika konsumen sempat terlambat dalam cicilannya.
  4. Kondisi keuangan keluarga lebih terpantau karena sifat cicilannya yang tetap.

 

Komplek perumahan Islami menjadi ceruk bisnis tersendiri yang diminati dalam dunia properti. Pertimbangan nilai atau value-lah yang mendasari kuatnya animo masyarakat untuk meliriknya. Selain itu isi dari komplek perumahan yang bersangkutan juga menjadi daya tawar menarik yang membuat konsumen akan merasa nyaman kelak pada saat sudah menjadi penghuninya.