Dalam konsep kebutuhan utama manusia, kita mengenal adanya kebutuhan primer berupa sandang, pangan dan papan. Dari ketiga kebutuhan itu, mungkin kebutuhan papanlah yang menuntut biaya ekstra. Kebutuhan papan ini yang sering kita pahami dengan kebutuhan untuk memiliki rumah atau hunian. Jalan yang ditempuh untuk merealisasikan kebutuhan ini bisa dengan cara membangun sendiri dari awal atau dengan cara membeli ke pengembang.

Nouka Village Perumahan Tanpa Riba di Bandung

Nouka Village Perumahan Tanpa Riba di Bandung

Jika pilihan yang diambil adalah dengan jalan membeli, kita kenal saat ini terdapat dua cara dalam membeli sebuah rumah idaman. Yang pertama adalah dengan membeli cash, dan yang kedua tentunya dengan membeli secara KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Dari cara yang pertama (cash), sudah barang tentu konsumen langsung mengeluarkan uangnya sejumlah harga yang disepakati untuk membayar ke pihak pengembang. Dengan cara ini, biasanya pengembang memberikan bonus tertentu sebagai penghargaan kepada konsumen yang bersangkutan. Bonus tersebut anggaplah sebagai tanda terima kasih karena konsumen turut “membantu” pengembang untuk keberjalanan proyeknya.

 

Cara yang kedua adalah dengan sistem KPR, yang berarti konsumen dibantu oleh pihak ketiga dalam membayar harga hunian. Khusus pembelian dengan KPR, konsumen seringkali dihadapkan pada mekanisme cicilan yang kadang tidak sejalan dengan hati nurani. Salah satu yang sering menjadi momok bagi konsumen adalah kekhawatiran akan gagal bayar pada kondisi tertentu yang berefek pada disitanya rumah di kemudian hari. Tentu saja sistem KPR yang seperti ini hanya terjadi pada KPR konvensional.

 

Akan lain kisahnya jika konsumen memakai sistem KPR syariah. Skema KPR yang biasa disebut tanpa riba ini salah satu cirinya adalah adanya satu harga baik ketika dibeli secara cash ataupun secara cicilan. Artinya pihak pengembang tidak melebihkan nominal ketika harga jual-beli sudah disepakati di awal.

 

Nouka village hadir menjadi salah satu solusi baru yang mengusung konsep perumahan tanpa riba di Bandung. Hadir di kawasan dengan view pegunungan serta lingkungan udara yang bersih, Nouka Village menerapkan sistem pembayaran sesuai muamalah yang baik. Konsumen diberi kesempatan menyetor DP sebesar 30% atau 50% dari harga jual, yang selanjutnya sisa pembayaran dapat dicicil selama 6 kali. Dengan skema ini konsumen diharapkan bisa lebih nyaman dan tenang untuk memiliki rumah baru sesuai impiannya.