Anda pusing karena hutang? Anda ingin hidup bebas hutang? Anda berharap lepas dari cicilan hutang? Bagi mayoritas individu, berhutang adalah solusi dari pemenuhan kebutuhannya. Kebutuhan akan rumah atau hunian misalnya, menjadi objek atas lahirnya kegiatan berhutang. Dan biasanya hutang ini muncul dengan melalui media perbankan atau perusahaan perkreditan sebagai pihak “penolongnya”. Jika sudah berada di tahap ini, individu dihadapkan kepada dua pilihan, akan berakad secara konvensional atau secara syariah Islam.

 

Pada dekade sebelumnya, terhitung ada komunitas bisnis yang memberi solusi bahwa untuk memiliki sebuah properti bisa dengan jalan berhutang. Dan spesifik lagi adalah berhutang ke bank karena resiko bisnis bisa menjadi tanggungan bersama antara individu dan bank. Pada kenyataanya hal tersebut tidak selalu berjalan mulus sesuai harapan. Dan ternyata justru tidak sedikit yang akhirnya malah berjibaku dengan urusan tunggakan utang. Ketika properti yang satu mendapati tunggakan, solusi yang ditawarkan adalah mencari properti lain untuk dijaminkan ke bank lagi. Konsep ini bisa dinamakan utang bank dibayar oleh bank, ujungnya adalah sistem pinjam meminjam perkreditan yang tak kunjung usai. Alih alih mengembangkan bisnisnya, banyak Pengusaha menjadi trus menerus “mengembangkan” hutangnya.

 

Jika kita berbicara tentang cara membeli rumah tanpa riba, sebenarnya saat ini mulai terbangun sebuah sistem pembayaran yang sejalan dengan prinsip syariah. Beberapa pengembang (developer) semakin memperhitungkan keinginan masyarakat yang ingin berakad secara syariah. Mari kita ambil contoh keberadaan Nouka Village di Bandung yang saat ini sedang melakukan pembangunan cluster perumahan dan ditawarkan dengan prinsip jual-beli syariah. Perumahan Nouka Village hadir dengan memberikan ketenangan kepada calon pembeli dan penghuninya karena muamalah yang dibangun adalah yang sesuai syariah. Sudah pasti tentunya jika menganut kepada prinsip tersebut, akad yang dilakukan adalah akad jual-beli yang tepat yaitu jual-beli rumah dan bukan skema kredit berbunga (pertukaran uang). Nouka Village menawarkan skema cicilan langsung ke pengembang (developer) tanpa ada perbedaan harga dari harga awal. Menarik untuk disimak bahwa skema yang ditawarkan tersebut adalah salah satu jalan dalam menjawab bagaimana cara membeli rumah tanpa riba khususnya bagi warga di Bandung.