Saya yakin buat siapa saja yang sadar akan manajemen resiko maka dia akan memikirkan bagaimana mengamankan uangnya. Karena setelah usaha dan doa yang keras, anda bisa mendapatkan uang yang cukup banyak maka pekerjaan rumah selanjutnya bagaimana mempertahankan uang anda, betul kan?

Ada beberapa jenis investasi yang ada dan bisa anda pilih. Nah kalau saya lihat ada 2 di anataranya banyak jadi pilihan masyarakat, apa sajakah itu? Yaitu rumah/properti dan emas.

Investasi Rumah atau Emas, Kelebihan dan Kekuarangan Masing-Masing

Dalam tulisan kali ini, admin tidak akan mengarahkan anda untuk memilih salah satunya. Karena jujur saja masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan sendiri-sendiri.

investasi rumah atau emas

caon buyer survey perumahan Nouka Village Lembang

Tugas anda ialah tinggal melihat dan mencocokan kira-kira anda ini paling pas memilih investasi properti atau emas. Berikut ulasan lebih jelasnya ada di bawah :

keunggulan properti:

harganya terus naik signifikan setiap tahun = Investasi Jangka Panjang

Jelas untuk properti setiap tahun harganya akan terus meningkat. Alasannya karena kebutuhan akan rumah terus bertambah sedangkan lahan segitu-gitu aja. Apalagi di kota besar seperti Jakarta, harga tanah sudah mahal sekali. Beruntung yang punya tanah di Jakarta. 🙂

bisa disewakan property nya / Potensi arus kas yang rutin seperti kos-kosan

Kalau anda punya rumah kemudian di kontrakan, setiap bulannya akan memberikan pemasukan kepada anda dan ini sifatnya passive income. Enggak usah masuk kerja kantoran tapi tiap bulan dapat penghasilan, modalnya apa? rumah yang di kontrakann tadi.

Disini jelas ya, bahwa properti bisa memberikan penghasilan tiap bulan.

Dijadikan jaminan pinjaman

Anda yang pernah melakukan transaksi dengan bank atau lembaga pembiayaan lainnya, pasti tahu kalau properti bisa di jadikan jaminan untuk mendapatkan uang pinjaman. Bahkan kalau anda pinjam uang ke keluarga sendiri juga, rumah anda bisa di jadikan jaminan.

gengsi / Kebanggaan kepemilikan

Status sosial anda akan naik otomatis kalau punya rumah di komplek mewah. Seperti kalau di Bandung ada setra duta, dago pakar.

kekurangan properti :
sulit dijualnya
risiko investasi properti lebih besar
properti modalnya lebih banyak

keunggulan emas :
lebih cepat dijual / di gadai
minim risiko
emas mudah didapatkan
emas juga modalnya lebih sedikit
melindungi nilai kekayaan

kekurangan emas :
Harus Ekstra Sabar Jika Ingin Untung Besar/ Peningkatan Harga Tak Signifikan
Dapat Hilang Begitu Saja (pencurian / perampokan)