Rumah tradisional Jepang menjadi salah satu rumah tradisional yang populer dan bahkan banyak dijadikan referensi untuk mendesain arsitektur rumah modern di negara lain ataupun menggabungkan antara konsep tradional dan modern sekaligus. Bukan hanya rumah tradisionalnya saja, rumah Jepang modern juga masih berkarakter dan cocok untuk dijadikan referensi. Material dan gaya pembuatan rumah tradisional Jepang cukup unik dan beberapa di antaranya tidak ditemui pada rumah tradisional lainnya. Lantas apakah memungkinkan jika kita membuat model rumah minimalis ala Jepang di Indonesia? Berikut beberapa karakteristik rumah tradisional Jepang yang perlu kita ketahui terlebih dahulu.

1. Minimalis-Praktis
Desain rumah bergaya Jepang, menonjolkan desain rumah yang minimalis, sederhana dan praktis sehingga tidak menggunakan desain atau furnitur yang berlebihan. Perabot dan furnitur yang dilibatkan lebih kepada prinsip fungsional, dalam arti bahwa peralatan tersebut harus mempunyai fungsi dan tidak boleh mubadzir.

2. Disediakan Genkan
Genkan adalah koridor rumah atau lorong penghubung menuju ke dalam rumah dari pintu masuk edpan. Pada rumah gaya Jepang, orang yang masuk ke dalam rumah harus melepas alas kaki yang dipakai di luar rumah untuk kemudian menggantinya dengan sandal rumah. Hal ini untuk menjaga kebersihan rumah. Jadi di area koridor tersebut atau genkan, selalu disediakan rak khusus sepatu.

3. Memakai Pintu Geser
Karakter desain rumah gaya Jepang yang tak boleh dilupakan adalah model pintunya. Pada rumah gaya Jepang, kebanyakan rumahnya menggunakan konsep pintu geser sebagai pengganti pintu dorong. Pemakaian pintu geser ini mempunyai keuntungan, di antaranya adalah membuat ruangan tampak lebih luas dan dinamis. Akan lebih terasa leluasa lagi jika pintu geser tersebut menggunakan material kaca transparan.

4. Menonjolkan Unsur Kayu
Konsep rumah Jepang mengandung unsur tradisional dan sangat lekat dengan alam. Dengan prinsip itu, mayoritas rumah Jepang memiliki karakteristik memanfaatkan unsur kayu pada desain interior serta desain eksteriornya. Selain terlihat menawan dan indah, desain rumah dengan menggunakan unsur kayu juga memberi kesan hangat dan nyaman.

5. Ruangan Tanpa Sekat
Prinsip tanpa sekat ini juga menjadi salah satu karakter andalan rumah bergaya Jepang. Oleh karenanya pada desain rumah Jepang selain pada kamar tidur, kamar mandi atau ruang lainnya yang sifatnya privat, sangat jarang memakai sekat antarruangan satu dengan ruangan lainnya. Konsep rumah tanpa banyak sekat ini pun tentunya bisa menjadikan rumah tampak luas dan erat menyatu antar setiap ruangnya.

Dengan menilik beberapa karakteristik di atas, maka kita dapat ciptakan model rumah minimalis ala Jepang yang bisa diaplikasikan di Indonesia. Untuk hunian pribadi bersama keluarga tercinta, konsep yang mendekati “aturan-aturan” tersebut akan menjadikan tempat tinggal kita memiliki nuansa berbeda.